Sejarah Nes@Ka

SMK Negeri 1 Kawali merupakan sebuah lembaga pendidikan mandiri tingkat menengah yang berada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis dengan konsentrasi pendidikan kejuruan.

SMK Negeri 1 Kawali pada awalnya merupakan pengembangan program plus keterampilan (vokasional) dari SMA Negeri 1 Kawali yang diterapkan melalui program BBE Life Skill yang dijalankan di SMK Negeri 2 Ciamis, melalui kerjasama yang disepakati yaitu teknik mekanik otomotif.

Broad Based Education Life Skill secara pemahaman dapat diartikan “Pendidikan berbasis kepentingan masyarakat luas berarah kepada kecakapan, kemampuan yang dibutuhkan masyarakat dan peserta didik, dalam menghadapi serta memecahkan berbagai problem hidup dan kehidupan secara mandiri “.

Dalam aktifitas kegiatannya pembelajarannya dilakukan pembagian tugas yaitu SMA Negeri 1 Kawali menjadi tempat belajar mata pelajaran Adaptif Normatif dengan kelengkapan guru dan sarana prasarananya, sedangkan SMK Negeri 2 Ciamis menjadi tempat belajar mata pelajaran Produktif juga dengan kelengkapan guru dan sarana prasarananya.

Komite serta jajaran Manajemen SMA Negeri 1 Kawali menerima masukan dan saran dari masyarakat yang perduli terhadap pendidikan kemudian merumuskan kebijakan pemerintah pusat melalui Departemen Pendidikan Nasional yang sedang mengadakan pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan sehingga program plus keterampilan di SMA Negeri 1 Kawali dialihkan menjadi rintisan SMK Kawali dengan status SMK Kecil. Keputusan Komite SMA Negeri 1 Kawali menunjuk Drs. Suarman Guntara sebagai Ketua Komite SMK Kawali dan Drs. Yayat Sudrajat sebagai Ketua Jurusan serta pelaksana administrasi jurusan dan Uce Surya salah satu staf Tata Usaha SMA menjadi Kabid Tata Usaha SMK Kawali kemudian Enjen Rukmana, S.Pd sebagai BP/BK. Komite sekolah kemudian secara marathon mengupayakan legalitas lembaga dan pengajuan bantuan pengadaan ruangan baru untuk SMK Kawali, murid yang tersedia pada awal SMK Kawali ini berjumlah 21 orang.

Surat Direktur Menengah Kejuruan No. 2312/C5.5/LL/2003 Tentang Undangan Workshop Pendirian Unit Sekolah Baru (USB) SMK 2004 untuk Kabupaten Ciamis menjadi langkah awal rintisan, yang kemudian di tindak lanjuti Pemerintah Kabupaten Ciamis dengan Keputusan Bupati No. 421/Kpts.167-Huk/2004 Tentang Penetapan Pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kecil
Di SMA Negeri 1 Kawali. Keputusan Bupati ini mengubah SMK Kawali menjadi SMK Negeri 1 Kawali.

Pengembangan bangunan bekerjasama dengan Konsultan Bangunan dari SMK Negeri 2 Ciamis yang kemudian menjadi Plt Kepala Sekolah, dan selanjutnya ditetapkan menjadi Kepala Sekolah pertama SMK Negeri 1 Kawali yaitu Drs. H. Cacah Cahyana, pada masa kepemimpinan beliau Pegawai Negeri Sipil dan pegawai tidak tetap mulai di adakan berdasarkan kebutuhan untuk Guru dan Tata Usaha. Guru SMA Negeri 1 Kawali masih dilibatkan aktif sebagai Pengajar dan mulai dikurangi apabila sudah datang Guru Pegawai Negeri.

Tercatat sampai dengan saat ini Pengadaan Guru PNS di SMK Negeri 1 Kawali mayoritas adalah guru pindahan dari satuan kerja yang lain baik SD Negeri ,SMP Negeri, SMA Negeri maupun DPK Yayasan. Adapun penetapan langsung Pegawai Negeri Sipil untuk SMK Negeri 1 Kawali terdiri beberapa saja diantaranya :
1. Ine Susiyana, S.Pd guru matematikan dari GBS
2. Jajat Sudrajat, S.ST guru produktif RPL Penerimaan Jalur Umum Pemerintah Kabupaten
3. Roni Sunandar, M.Kom guru produktif TKJ Penerimaan Jalur Umum Pemerintah Kabupaten
4. Kiki Supendi, MT guru produktif RPL yang kemudian pindah ke SMK Negeri 1 Ciamis Penerimaan Jalur Umum Pemerintah Kabupaten.
5. Dian Sediana, S.Kom guru produktif TKJ Penerimaan Jalur Umum Pemerintah Kabupaten
6. Nono Suarno, S.ST guru produktif TKR dari Penerimaan K2
Pemenuhan kebutuhan Guru dan Tata Usaha selain dari PNS juga di peroleh dari pengadaan Tenaga Sukarelawan/Honorer Sekolah semenjak sekolah ini berstatus SMK Negeri 1 Kawali dan dengan kemandirian dari SMA Negeri 1 Kawali.

Tahun ajaran 2016-2017 tercatat rasio PNS non PNS 30 : 70 yang PNS merupakan guru – guru senior profesional sedangkan yang non PNS rata – rata adalah tenaga muda profesional sehingga walaupun perbandingannya jauh, satuan kerja dapat bekerja dinamis.

Tercatat sejak rasio 10 : 90 pun sekolah ini mengalami kemajuan pesat dari infrastruktur dan SDM siswa yang di kelola, kurun waktu 14 tahun dari 21 menjadi 1200an lebih. dari 5 pegawai menjadi 100 pegawai, dari 1 jurusan menjadi 7 jurusan.

SMK Negeri 1 Kawali mengalami Kepemimpinan Sebagai Berikut:
1. Drs. H. ASEP SUDARMAN, M.Pd. (SMAN 1 Kawali) bersama Drs. H. HADI SUMANTORO, M.Pd (SMKN 2 Ciamis) sewaktu BBE Life Skill rintisan SMK Kawali.
2. Drs. H. CACAH CAHYANA ketika SMK Kawali kemudian menjadi SMKN 1 Kawali
3. Dra. IKA KARNIATI SARDI, M.M.Pd ketika SMKN 1 Kawali pada proses menerapkan ISO 9001:2008
4. Drs. H. HADI SUMANTORO, M.Pd ketika SMKN 1 Kawali proses menerapkan ISO 9001:2015

Lahan sekolah yang digunakan yaitu lahan milik 3 desa yaitu Kawali, Kawalimukti dan Karangpawitan sehingga sekolah ini benar – benar berdiri sebagai apresiasi partisipasi masyarakat, yang di terjemahkan melalui program – program komite, manajemen sekolah dan pemerintahan melalui dinas pendidikan.

SMK Negeri 1 kawali merupakan penyelenggara UNBK pertama kali di Kabupaten Ciamis bersama SMK Negeri 1 Ciamis, dan SMK Negeri 2 Ciamis, juga penyelenggara UNP pertama kali, dan juga sekolah yang pertama kali menyelenggarakan Ujian dengan sistem CBT secara masif untuk Ujian Semester.

Memiliki Infrastruktur internet 50Mbps+20Mbps Telkom IndieHome FiberOptic, dan 10Mbps Skyline 1:1 FiberOptic, menyelengarakan CSR wifi untuk masyarakat sekitar sejak tahun 2006 yang beroperasi mandiri melalui tim ICT Nes@Ka, dan Wifi Corporate ISP melaui Skyline IT Mall Program (2017).mengoperasikan 200+ unit CPU, 25 Unit Hotspot sebagai Backbone ICT Nes@Ka.

TiM ICT Nes@Ka (eleven TiM)
1. Dadang Mulyana, M.Kom sebagai ICT-ChiefOperation dan Web Development
2. Taupik Nurhidayat, S.ST sebagai ICT-Research and Development dan Network Admin
3. Aan Lasmana, sebagai Maintenance and Repair Operation dan Graphic Designer
4. Alggy, sebagai Maintenance and Repair Operation
5. Dian Sediana, S.Kom Ketua Jurusan TKJ sebagai Chief Of ICT-Networking
6. Jajat Sudrajat, S.ST Ketua Jurusan RPL sebagai Chief Of ICT-Programming
7. Staf Guru TKJ ICT-Operation Networking Development
8. Staf Guru RPL ICT-Operation Programming Development

SMKN 1 Kawali mulai 1 Januari 2017 adalah tata kelola dari Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

 

Advertisements