PHP

1. PENGERTIAN DAN SEJARAH

PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page Hypertext Preprocesor, merupakan bahasa pemograman berbentuk skrip yang ditempatkan dalam server dan diproses di server. Hasil proses yang dikirim dan ditampilkan di client menggunakan web browser.

Secara khusus PHP dirancang untuk membentuk aplikasi web dinamis. Uptudate atau terkini. misalnya menampilkan database ke halaman web. Prinsipnya hampir sama dengan ASP (Active Server Page), Cold Fusion, maupun Perl, namun dapat pula dipakai secara command line. artinya PHP dapat dipakai tanpa menggunakan webserver dan web browser.

PHP dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf yang sedang mengerjakan sejumlah script perl yang dapat mengamati siapa saja yang melihat daftar riwayat hidupnya, tahun 1994. Script tersebut kemudian dikemas dalam sebuah tool yang disebut “Personal Home Page” yang kemudian paket tool inilah yang menjadi cikal bakal PHP, tahun 1995 Rasmus menciptakan PHP/FI versi 2 yang menerapkan  kode terstruktur di dalam tag HTML, versi ini pula yang kemudian memiliki komunikasi dengan database dan dapat melakukan perhitungan perhitungan yang kompleks.

Saat ini PHP cukup populer dalam lingkungan Linux walaupun dalam kenyataannya PHP dapat berjalan pada server – server UNIX, Windows, Maupun Machintosh.

Pada awalnya PHP dirancang untuk diintegrasikan dalam webserver apache, namun belakangan PHP Bekerja pada webserver lain seperti PWS (Personal Web Server), IIS(Internet Information Server) dan Xitami.

Untuk mencoba PHP tidak memerlukan perangkat keras sejenis server yang canggih, kecuali untuk kebutuhan besar. terdapat beberapa webserver terintegrasi seperti wampp, xampp dan sebagainya yang terintegrasi dengan apachewebserver, mysql dan php.

PHP menerapkan lisensi GPL dan Opensource sehingga dapat mendownloadnya dan menggunakannya dengan bebas,

PHP dapat di download di http://www.php.net tersedia dalam kode biner maupun kode sumber yang lengkap.

2. BAGAIMANA MENULIS SCRIPT

Script PHP dapat digunakan sebagai tag dalam bahasa HTML. sebagaimana diketahui HTML merupakan bahasa standar untuk membuat halaman web.

di awalai dengan <?php
di akhiri dengan  ?>

contoh :
<html>
<head>
<title> SELAMAT </title>
</head>
<body>
Selamat Belajar PHP <br>
<?php
printf(“Tanggal Sekarang: %s “, Date(“d F Y”));
?>
</body>
</html>

maka akan menampakan hasilnya :
Selamat Belajar PHP
Tanggal Sekarang : 12 Mei 2014

3. KONSEP KERJA PHP

model kerja HTML adalah diawali dengan permintaan suatu halaman web oleh web browser berdasarkan URL (Uniform Resource Locator) atau dikenal dengan address, webserver mendapatkan alamat dari webserver, mengidentifikasi halaman yang dikehendaki dan menyempaikan segala yang dibutuhkan webserver, selanjutnya, webserver akan mencarikan file yang diminta dan memberikan isisnya pada web browser, kemudian web browser menerjemahkan kode HTML kemudian menyampaikan tampilannya pada layar pengguna.

akan sedikit berbeda jika yang diakses adalah halaman PHP, yaitu ketika berkas PHP yang diminta oleh web browser dan didaptakan oleh web server isinya segera dikirmkan ke mesin PHP yang kemudian memproses mengolah dan menterjemahkan kemudian memberikan hasilnya berupa kode HTML ke webserver baru kemudian mengirimkan isinya pada webbroser dan kemudian menampilkan pada layar pengguna.

4. DATABASE DENGAN PHP

PHP mampu berkomunikasi dengan database, sehingga dapat menampilkan data yang dinamis.
Database yang disuport oleh PHP
1. DBM
2. FilePro(Personix Inc.)
3. Informix
4. Ingres
5. InterBase
6. Microsoft Access
7. MSSQL
8. MySQL
9. Oracle
10. PostgreSQL
11. Sybase

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s