TA-PJJ Pengampu PJJ Sebagai Pengajar dan Pendidik Dengan TIK

Mengutip istilah yang pernah dikatakan ahli “Pendidikan adalah bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasan dengan tujuan agar anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan orang lain (Langeveld)”.

Fungsi itu akan berjalan tidak dengan sendirinya memerlukan sebuah mekanisme dan system yang mengaturnya.

Guru, Dosen, Ustadz, Pendeta dan siapapun yang menyampaikan suatu materi dan mengajarkan suatu pengetahuan maka kita dapat menyebut istilah itu sebagai pengajar, adapaun yang menanamkan ilmu mengarahkan membimbing dan menanamkan tanggung jawab terhadap ilmu yang dipelajari kita dapat menyebutnya pendidik. Kedua istilah itu memang satu sama lainya berkaitan tapi memiliki peranan yang berbeda.

Contoh, dari seorang pengajar dengan sebuah karya terbaik dapat menjadi inspirasi bagi siswanya utuk mengetahui lebih jauh materi yang menarik perhatiannya, sementara seorang pendidik akan selalu dikenang dan diikuti serta dijadikan pedoman tentang apa yang pernah di sampaikannya.

Perumusan pengajar dan pendidik dalam Pendidikan Jarak Jauh sebagaimana tertuang dalam peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 24 tahun 2012  tentang penyelenggaraan pendidikan jarak jauh pada pendidikan tinggi, pasal 1 ayat 1 “Pendidikan jarak jauh yang selanjutnya di sebut PJJ adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan sumber belajar melalui teknologi informasi dan komunikasi dan media lain”

Terkait dengan pendidik, opini yang dapat saya uraikan tentang pengampu mata pelajaran dalam sistem pendidikan jarak jauh, saya menyebutkan bahwa dalam pendidikan jarak jauh peran pengampu dinamakan pengajar, karena hanya berperan sebagai fasilitator antara materi ajar dan pelajar, sebagai tempat konsultasi, dan memberikan nilai berdasarkan tugas – tugas yang di kerjakan. Pendidikan, penekanan karakter pembentuk kepribadian justru baru di peroleh dari kedisiplinan prosesnya dan kemandirian pelajarnya.

Dalam hal tersebut tidak menjadikan PJJ sebagai salah satu hal yang tidak mungkin karena peran pengampu hanya sebagai pengajar, melainkan proses pendidikan ini memperluas kemampuan pelajar untuk dapat lebih mandiri dalam mencari jati diri dan pengembangan materi yang di ambil dan di pelajarinya nya tidak terbatas pada ruang lingkup kelas konvensional.

Alam dapat menjadi tempat terbaik untuk belajar dan dipelajari, dengan pendidikan jarak jauh waktu belajar tidak seratus persen mengikat, peran pengampu walaupun dalam hal penyajian materinya adalah dominan tapi kesadaran pelajarnya justru yang menjadikan pembelajaran ini menjadi suatu model pendidikan yang dapat diterapkan.

Akan tetapi dalam penyelenggaraan PJJ diatur bahwa peran pengampu adalah juga berperan sebagai pendidik, sebagaimana  masih dalam peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 24 tahun 2012  tentang penyelenggaraan pendidikan jarak jauh pada pendidikan tinggi, pasal 9 ayat 2 lebih menjabarkan pengampu sebagai pendidik. “Pendidik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling sedikit meliputi :

  • Perancang program pembelajaran;
  • Penyusun dan / atau pengembang materi ajar dan media,
  • Produser materi ajar dan media,
  • Penyebar luas dan / atau pengunggah materi ajar dan media,
  • Penulis soal, tugas, dan / atau evaluasi hasil belajar,
  • Dosen pengampu dan pemelihara mata kuliah,
  • Tutor,
  • Pembimbing praktik dan / atau tugas akhir, dan
  • Penguji.

Peran peran tersebut menjadi satu peran yang tidak boleh di pisahkan dari penyelenggaraan PJJ. Pengampu mata pelajaran baik dikatakan sebagai pengajar ataupun sebagai pendidik berperan sebagai salah satu bagian yang menjadikan suatu mata pelajaran dapat diikuti, dipelajari, di berikan penugasan, diberikan penilaian, dan finalisasinya yaitu perserta mengerti apa yang telah dipelajarinya, dengan sumber rujukan dan tanggung jawab sumber penyampai pengetahuan terhadap pengampunya.

karakteristikPJJ

 sumber : http://www.citizenjurnalism.com/wp-content/uploads/2012/12/PJJ-300×235.jpg

Karakteristik PJJ

  Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengampu dalam melakukan pembelajaran jarak jauh :

  • Pengampu harus mengatur dan mengurutkan isi materi yang akan diajarkan berkaitan dengan hasil yang akan diperoleh oleh siswa.
  • Mengerti tentang sumberdaya yang tersedia untuk mendukung materi yang diampunya
  • Melihat potensi kemampuan yang telah dimiliki oleh siswanya sehingga  penerapan teknologi yang tepat dapat dipilih dan dapat mengakomodir peserta dalam aktifitas PJJnya.
  • Apa yang harus para siswa lakukan untuk menjamin pengalaman belajar yang berkualitas (Dabbagh & Bannan-Ritland, 2005).

Dengan melakukan pendidikan jarak jauh maka pengampu harus dapat memastikan bahwa para peserta sepenuhnya memahami tanggung jawab mereka dan mengatur kelas, serta mengawasi agar tidak ada yang tertinggal dalam mengikuti materi yang diampunya, fasilitas untuk pengecekan terhadap aktifitas PJJ dan peserta dapat dengan fasilitas telpon, SMS, email, social media, maupun dengan konsep server client, satu pemberitahuan untuk disebarkan kembali.

Pengampu dan peserta didik yang terpisah oleh jarak ruang dan waktu difasilitasi dengan teknologi informasi dan komunikasi sebagai penyamapai materinya. Dalam proses pembelajarannya dapat dibedakan antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran PJJ.

pembelajaran

sumber : Panduan Penyelenggaraan Model Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh Di Perguruan Tinggi (2011)

Model Pembelajaran Terpadu

Pembahasan mengenai model proses pembelajaran jarak jauh yang mengkombinasikan pembelajaran dengan menggunakan TIK serta beragam system penyampaian disebut sebagai model pembelajaran terpadu (hybrid/blended),

Dalam sistem pendidikan tatap muka, pembelajaran tatap muka menggunakan modus utama perkuliahan tatap muka sebagai bentuk belajar terbimbing, sedangkan pemanfaatan TIK sebagai bentuk belajar mandiri hanya memperkaya dan membantu proses pembelajaran (panah terputus).

Sementara itu, dalam system PJJ, pembelajaran jarak jauh mengandalkan modus utama pemanfaatan TIK sebagai bentuk belajar mandiri, dan pertemuan tatap muka sebagai bentuk belajar terbimbing sebagai pengayaan dan bantuan belajar (panah solid).

Daftar Pustaka

http://www.slideshare.net/triajeng/pendapat-para-ahli-pendidikan

http://www.citizenjurnalism.com/wp-content/uploads/2012/12/PJJ-300×235.jpg

http://priyandra.blogspot.com/2013/04/pendidikanjarak-jauh-menghubungkan.html

Permendikbud nomor 24 tahun 2012 tentang penyelenggaraan pendidikan jarak jauh pada pendidikan tinggi (2012).

Panduan penyelenggaraan model pembelajaran pendidikan jarak jauh di perguruan tinggi (2011).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s