Sigil

Ini adalah cerita tentang pembuatan buku digital, bukan cerita tentang sebuah sihir.

sigil merupakan salah satu layanan elektronik publication yang menawarkan layanan publikasi dalam bentuk format digital dengan menyertakan teks, gambar, video, audio, tabel dan sebagainya yang dikemas dengan ekstensi file *.epub

Epub adalah format buku digital yang telah menjadi standar resmi IDPF (International Digital Publishing Forum). Epub dibuat berdasarkan bahasa HTML dan XHTML dan bersifat terbuka sehingga boleh digunakan oleh perangkat apapun. Sekarang ini, format Epub telah didukung oleh beragam perangkat lunak dan perangkat keras, mulai dari PC, komputer tablet, hingga ponsel.

Perbedaan paling mendasar antara buku digital berformat PDF dan Epub adalah pada tampilannya. Sebuah berkas PDF memiliki tampilan yang tetap (fix), sehingga meski berkas itu dibuka di perangkat yang berbeda, tampilannya akan tetap sama. Begitu pula dengan ukuran font, warna, dan peletakan gambar. Ini tentu akan sangat berguna dalam urusan cetak-mencetak dan tukar-menukar dokumen. Kamu bisa membuat berkas PDF di komputer kantor lalu memindahkannya ke komputer di warnet, maka ukuran dan jenis hurufnya akan tetap sama. Permasalahannya, bagaimana jika kamu ingin membaca berkas PDF berukuran A4 di sebuah smartphone seukuran kartu remi? Tentu kamu harus sering melakukan zoom in danzoom out karena layarmu terlalu kecil untuk memuat huruf-hurufnya. Bagi kebanyakan orang, ini bukan cara membaca yang nyaman.

Sementara itu, Epub memiliki karakteristik yang lebih dinamis. Ukuran huruf dan pengaturan paragraf dalam berkas Epub akan menyesuaikan diri dengan ukuran layar, sehingga kamu tidak perlu melakukan zoom in dan zoom out, huruf-huruf itu akan muat dengan sendirinya. Kamu juga bisa mamasukkan gambar pada berkas Epub, bahkan video dan suara, meskipun peletakannya tidak fix seperti pada PDF.

Kelemahan Epub adalah kelebihannya. Karena karakteristiknya yang dinamis, kamu mungkin akan kehilangan font-font “unik dan lucu” serta simbol-simbol “gaul” dari sebuah Epub apabila kamu membukanya di perangkat yang tidak mendukung font/simbol tersebut. Format Epub juga bukan format untuk mencetak. Epub adalah format yang dirancang untuk membaca saja. Jadi, jika kamu ingin membaca buku digital dengan praktis dan nyaman, saya menyarankan format Epub. Tapi, kalau kamu ingin mencetak buku digital tersebut, atau bila buku digital tersebut memiliki isi yang harus tetap terlihat persis seperti aslinya, maka kembalilah pada PDF.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s